Informasi Penerimaan Seleksi Mandiri S1/D3

Dipublikasikan oleh administrator pada

Kata Pengantar

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi; Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi; Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 90 Tahun 2017 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri, dilakukan melalui: Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Seleksi Mandiri (SM).

SM Universitas Siliwangi adalah seleksi mandiri yang dilaksanakan oleh Universitas Siliwangi berdasarkan hasil ujian dalam bentuk Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) saja atau hasil UTBK dan kriteria lain yang ditetapkan.

UTBK Universitas Siliwangi berbeda dan tidak berhubungan dengan UTBK yang diadakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Pembiayaan penyelenggaraan SM dibebankan kepada peserta seleksi, untuk peserta dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dan mempunyai prestasi akademik tinggi yang telah disetujui sebagai peserta Bidikmisi atau yang memilki keahlian Hafiz Al-Qur’an dibebaskan dari biaya pendaftaran.
Informasi SM Universitas Siliwangi tahun 2019 meliputi: ketentuan dan persyaratan umum, tata cara pembayaran biaya seleksi, tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, serta pilihan program studi secara rinci, informasi lengkap mengenai SM 2019 dapat dilihat di laman PMB UNSIL.

Latar Belakang

Penerimaan mahasiswa baru Universitas Siliwangi tahun 2019 jalur Seleksi Mandiri (SM) menggunakan UTBK yang dilaksanakan oleh Universitas Siliwangi, peserta yang berhak mengikuti SM adalah lulusan pendidikan menengah (SMA/MA/SMK) dan lulusan paket C tahun 2017, 2018, dan 2019.

Materi UTBK dirancang sesuai kaidah-kaidah akademik untuk mengukur kemampuan dasar yang dapat memprediksi keberhasilan calon mahasiswa di semua program studi, yakni kemampuan penalaran tingkat tinggi (higher order thinking), yang meliputi potensi akademik, penguasaan bidang studi dasar, bidang sains dan teknologi (saintek) dan/atau bidang sosial dan humaniora (soshum).

Khusus peserta yang memilih program studi Pendidikan Jasmani baik pilihan 1 atau pilihan 2 diwajibkan mengikuti ujian keterampilan.

Tujuan

Tujuan SM tahun 2019 adalah sebagai berikut:

  1. Mencari dan menjaring calon mahasiswa yang diprediksi mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi dengan baik dan tepat waktu.
  2. Memberi kesempatan bagi calon mahasiswa yang belum diterima atau belum memanfaatkan fasilitas jalur SNMPTN dan SBMPTN.

Ketentuan Umum dan Persyaratan

Ketentuan Umum

Kelulusan SM Universitas Siliwangi untuk semua program studi ditetapkan berdasarkan hasil UTBK SM, kecuali kelulusan program studi Pendidikan Jasmani ditetapkan berdasarkan hasil UTBK SM dan Uji Keterampilan.

Pendaftaran ditutup apabila jumlah pendaftar program D3 dan S1 sudah mencapai 6.460 pendaftar. Jika jumlah tersebut belum terpenuhi maka pendaftaran ditutup pada tanggal 13 Juli 2019 pukul 23.59 WIB.

Persyaratan Pendaftaran

  1. Bagi lulusan SMA/MA/SMK dan Paket C tahun 2017 dan 2018 harus memiliki ijazah.
  2. Bagi lulusan SMA/MA/SMK dan Paket C tahun 2019 telah memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah atau Ijasah Paket C. Surat Keterangan Lulus sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang bersangkutan serta dibubuhi cap yang sah.
  3. Peserta seleksi memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studinya.
  4. Pendaftaran jalur Bidikmisi dibebaskan dari biaya pendaftaran dengan ketentuan membawa bukti yang menerangkan sebagai peserta Bidikmisi langsung menghubungi ke panitia PMB (Kabag. Akademik dan Kemahasiswaan) di Kampus Universitas Siliwangi.
  5. Pendaftaran jalur Hafiz Al-Qur’an minimal 10 Juz dibebaskan dari biaya pendaftaran dengan ketentuan membawa bukti yang menerangkan sebagai Hafiz Al-Qur’an dari Kantor Kementerian Agama yang memuat tentang jati diri dan foto terbaru yang bersangkutan serta dibubuhi cap yang sah, kemudian hubungi langsung panitia PMB (Kabag. Akademik dan Kemahasiswaan atau Kasubbag Akademik) di Kampus Universitas Siliwangi.

Prosedur Pendaftaran

  1. Pendaftaran SM dilakukan secara online, tata cara pendaftaran secara lengkap dapat dilihat pada laman Tatacara Pendaftaran Seleksi Mandiri Universitas Siliwangi 2019.
  2. Tata cara pengisian borang pendaftaran dapat diunduh (download) dari laman yang tertera pada poin satu (1) mulai tanggal 27 Mei 2019.

Jadwal Penting

Jadwal Penting Seleksi Mandiri 2019 Diploma (D3), Sarjana (S1)

No Kegiatan Jadwal
1 Pendaftaran online 10 Juni – 13 Juli 2019
2 Pelaksanaan Ujian UTBK 15 – 20 Juli 2019
3 Pelaksanaan Ujian Keterampilan untuk Prodi Pendidikan Jasmani 16 – 17 Juli 2019
4 Pengumuman Kelulusan 24 Juli 2019
5 Registrasi Online, Pembayaran UKT dan SPI Ke Bank yang ditunjuk 25 Juli – 2 Agustus 2019
6 Pengambilan Kartu Mahasiswa dan Jaket Almamater 7 – 8 Agustus 2019

Catatan : Pemeriksaan kesehatan bagi peserta yang memilih Program Studi Pendidikan Jasmani (pilihan I atau II) dilaksanakan di Balai Pengobatan Unsil mulai tanggal 14 – 15 Juli 2019.

Jenis Ujian

UTBK untuk D3 dan S1

Materi Tes terdiri dari:

  1. Tes Potensi Skolastik (TPS).
  2. Tes Potensi Akademik Saintek (TPA Saintek) terdiri atas mata uji Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika.
  3. Tes Potensi Akademik Soshum (TPA Soshum) terdiri atas mata uji Matematika, Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi.

Ujian Keterampilan

  • Ujian keterampilan diperuntukkan bagi peserta yang memilih Program Studi Pendidikan Jasmani baik pilihan 1 atau pilihan 2.
  • Ujian keterampilan dasar untuk Pendidikan Jasmani terdiri atas tes kesehatan, tes kesegaran jasmani dan keterampilan dasar olahraga.

Kelompok Program Studi dan Jumlah Pilihan

Program Studi yang ditawarkan di Universitas Siliwangi dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok Saintek dan kelompok Soshum.

Kelompok Saintek

No Program Studi Program
1 Pendidikan Matematika S1
2 Pendidikan Biologi S1
3 Agroteknologi S1
4 Agribisnis S1
5 Teknik Elektro S1
6 Teknik Sipil S1
7 Informatika S1
8 Kesehatan Masyarakat S1
9 Pendidikan Fisika S1
10 Gizi S1

Kelompok Soshum

No Program Studi Program
1 Pendidikan Nonformal S1
2 Pend. Bahasa Indonesia S1
3 Pendidikan Bahasa Inggris S1
4 Pendidikan Ekonomi S1
5 Pendidikan Geografi S1
6 Pendidikan Sejarah S1
7 Pendidikan Jasmani S1
8 Ekonomi Pembangunan S1
9 Manajemen S1
10 Akuntansi S1
11 Perbankan dan Keuangan D3
12 Ilmu Politik S1
13 Ekonomi Syariah S1

Peserta dapat memilih program studi sebanyak-banyaknya 2 (dua) program studi pada kelompok yang sama, baik saintek maupun soshum dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Peserta yang memilih kelompok saintek, ujiannya kelompok saintek.
  • Peserta yang memilih kelompok soshum, ujiannya kelompok soshum.

Biaya Pendaftaran

  1. Biaya pendaftaran untuk semua prodi sebesar Rp 250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah), kecuali prodi Pendidikan Jasmani;
  2. Biaya pendaftaran untuk program studi Pendidikan Jasmani sebesar Rp 350.000,00 (tiga ratus lima puluh ribu rupiah);
  3. Biaya pendaftaran dapat dibayarkan melalui Bank BTN (dengan menyerahkan nomor formulir pendaftaran). Tata cara pembayaran dapat dilihat pada laman Tatacara Pembayaran Seleksi Mandiri Universitas Siliwangi 2019.
  4. Biaya pendaftaran yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun.

Uang Kuliah Tunggal (UKT)

UKT diperuntukkan bagi peserta yang dinyatakan lulus pada seleksi mandiri non bidikmisi mulai kelompok 1 sampai dengan kelompok 8 sesuai dengan Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 91/M/KPT/2018, berdasarkan kemampuan ekonomi mahasiswa, orang tua mahasiswa, atau pihak lain yang membiayai mahasiswa.

Tabel Uang Kuliah Tunggal Jalur Mandiri Universitas Siliwangi (Unsil) Tahun 2019

Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI)

Berdasarkan Keputusan Rektor Universitas Siliwangi Nomor 34/UN58/KM/2019 tanggal 31 januari 2019 tentang Penetapan Besaran Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) Untuk Mahasiswa Baru Universitas Siliwangi.
Calon mahasiswa baru program sarjana jalur SM tahun angkatan 2019 jalur reguler (non Bidikmis dan non Hafiz Al-Quran) dikenakan SPI sesuai pilihan calon mahasiswa, orang tua calon mahasiswa, atau pihak lain yang membiayai calon mahasiswa.

SPI yang ditawarkan yaitu:

  • Klaster 1 = Rp. 0 (nol rupiah);
  • Klaster 2 = Rp. 5.000.000,00 (lima juta rupiah);
  • Klaster 3 = Rp. 10.000.000,00 (sepuluh juta rupiah);
  • Klaster 4 = Rp. 15.000.000,00 (lima belas juta rupiah);

Program Sarjana dan Program Diploma Tiga yang Hafiz Al-Quran dikenakan UKT kelompok I yaitu sebesar Rp. 500.000 (lima ratus ribu rupiah) dan dibebaskan dari SPI.

UKT dan SPI yang telah dibayarkan tidak dapat dikembalikan dengan alasan apapun.

Jadwal UTBK

Informasi pelaksanaan ujian untuk setiap peserta, sesuai yang tercantum pada Kartu Tanda Peserta UTBK SM.

Jadwal Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Mandiri

Tabel Jadwal Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Jalur Mandiri Universitas Siliwangi 2019

Jadwal Ujian Keterampilan

Ujian Keterampilan akan dilaksanakan pada hari Selasa – Rabu, tanggal 16 – 17 Juli 2019 mulai pukul 08.00 – selesai bertempat di Kampus UNSIL.

Laman Resmi dan Alamat Panitia

Informasi resmi mengenai Seleksi Mandiri (SM) Unsil dapat diakses melalui situs ini.

Informasi resmi lainnya juga dapat diperoleh (pada jam kerja) melalui call center

  • 081323211199 (Kasubbag Kerjasama dan Humas)
  • 082316171842 (Staf. Kerjasama dan Humas)

Alamat Panitia Seleksi Mandiri (SM) 2019:

Ruang BAKPK Gedung Rektorat UNSIL ,
Lantai 1, Jl. Siliwangi No. 24 Tasikmalaya,
Kode Pos 46115, Telp: (0265) 330634, Fax: (0265) 325812
e-mail: info@unsil.ac.id

Informasi Lain

Segala perubahan ketentuan yang berkaitan Seleksi Mandiri 2019 akan diinformasikan melalui laman situs ini.

Kategori: PMB

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *